Rekan Blogger, ini merupakan cerita tersendiri ketika Situzku iseng kepingin mengupdate Mozilla Firefox 4.x ke versi baru yaitu Mozilla Firefox 5.  Yang ada dibenak pada saat itu, "wah ini versi baru pasti lebih bagus, lengkap dan kenceng..tentunya", tapi kenyataannya....apa yang dibayangkan sirna sudah. (loh kok biasa...bukannya yang baru pasti lebih bagus? pasti itu yang ada dibenak rekan blogger). Kenyataannya Google Toolbar yang menjadi alat bantu yang sangat membantu, terutama google translitenya khusus bagi situzku yang sedikit buta bahasa asing (heheh..ngaku), HILANG alis tidak diberi izin untuk tampil di Firefox 5. (wah nyesel deh...sudah update).

Mendapati kenyataan setelah mendownload dan menginstal Firefox 5 di atas, situzku terus dan terus mencoba menginstal google toolbarnya, tapi tetap saja ditolak alias tak diberi izin. Dan sampai terpikir ada niat untuk kembali ke versi lama. Tapi niat tinggal niat, yang kenyataannya sampai judul posting ini ditulis, situzku masih tetap paksakan pakai Mozilla Firefox 5. Kenapa kok masih bertahan?, tentu rekan Blogger terbersit pertanyaan demikian.

Rekan blogger yang baik...(heheh..merayu lagi) ada sebuah pribahasa yang isinya kira-kira demikian "selalu ada seribu satu jalan menuju Roma". Ternyata rekan blogger, peribahasa tersebut dialami  langsung oleh situzku, yang jelas bukan berhasil dapat jalan-jalan ke Roma ya..heheh., tetapi dapat pemecahan bagaimana agar plugin Google Toolbar bisa terpasang tanpa menunggu update dari Google Toolbar sendiri untuk penyesuaian dengan Firefox 5.

Setelah googling sana-sini, eh ternyata jawabanya ada di forum Mozilla Firefox sendiri. Kenyataannya pada saat ini untuk menginstal Google Toolbar di Firefox 5 tidak bisa langsung, tetapi kita harus menginstal plugin pendukung lain yaitu Add-on Compatibity Reporter, dan inilah rupanya kunci jawabanya. Instalah plugin tersebut terlebih dahulu dan aktifkan dengan merestart Mozilla Firefoxnya, yang kemudian baru bisa mendownload dan menginstal Google Toolbanya, yang tentunya untuk mengaktifka dengan cara merestart kembali Mozilla Firefox kesayangan anda.

Demikian pengalaman yang situzku sampaikan, semoga bermanfaat bagi rekan blogger yang lagi kebingungan. Selamat mencoba semoga berhasil.

Artikel yang Berkaitan:

0 comments

Posting Komentar