Rekan blogger, situzku mau bercerita pengalaman yang pernah dialami ketika mengubah setingan default "Permalink Settings" dari WP yang tampilanya : http://namasitus.com/?p=123 menjadi http://namasitus.com/category/judul post.html.

Rekan Bloger, langkah pertama yang situzku lakukan tentunya login wordpress dulu, kemudian dari Dashboard -->Setting --> Permalinks  dan pilih mana yang rekan blogger suka,

mau : Day and nama -->http://namasitus.com/tahun/bln/tggl/judul post/
atau : Month and name -->http://namasitus.com/tahun/bln/judul post/
atau : Numeric -->http://namasitus.com/archives/123
atau sesuai sama yang situzku pilih di salah satu blogku, yaitu "Custom Structure"

Dimana situzku mengisinya dengan---> /%category%/%postname%.html  supaya tampilan yang diinginkan lebih SEO frendly (katanya orang-orang heheh), kalau menurut situzku agar lebih familiar aja dan enak di pandang heheh, sehingga menjadi "http://namasitus.com/nama category/ nama judul posting. html"

Tetapi apa yang terjadi rekan blogger?
Setelah situzku meng-klik "save changes" yang ada dibawah.
Ternyata bukannya hasil yang diharapkan, malah timbul komentar ini:

"If your .htaccess file were writable, we could do this automatically, but it isn’t so these are the mod_rewrite rules you should have in your .htaccess file. Click in the field and press CTRL + a to select all."

dan ada kode pogram  dibawahnya yang harus dicopy pastekan. duh bingung-bingung dan terus bingung jadinya karena apa, kalau pun dibiarkan, bila kita coba membuka salah satu posting dari web kita, yang akan ditampilkan adalah error.....

Untuk mengatasi kebingungan, akhirnya situzku melakukan googling sana-sini dan coba sana sini dan dengan trial and error, dan akhirnya berhasil juga menemukan cara yg mudah, dan yang terpenting menyembuhkan kebingungan situzku heheh.

Rekan Bloger yang setia, (heheh merayu)  atas kesabaran anda membaca kisah ini, akhirnya situzku mau mem-share pengalaman mengatasi masalah bila terjadi error seperti di atas, begini caranya  yang situzku lakukan:

1. Copy dan pastekan kode yang di tampilkan misalnya berupa ini (hanya sebagai contoh)

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>

2. Lalu disimpan di Notepad dengan nama--> .htaccess

3. Kemudian buka cpanel anda --> masuk ke  File Manager (sebelum masuk centang dulu "Show Hidden Files (dotfiles)")---> pilih public html -->Upload file yang ada di PC anda " .htaccess " --->  dan selesai sudah pekerjaan kita, dan cobalah buka salah satu halaman posting anda, mudah-mudahan berhasil.

Saran Situzku, bila belum berhasil coba dengan cara-cara yang lain dengan googling sana-sini, dan kalau berhasil pasti ada kepuasan tersendiri. Selamat mencoba dan sekali lagi semoga berhasil rekan blogger.

Artikel yang Berkaitan:

0 comments

Posting Komentar